On the Genealogy of MoralsOn the Genealogy of Morals by Friedrich Nietzsche
My rating: 5 of 5 stars

Menyelesaikan buku ini tepat pada hari istimewa.

Buku ini tidak terlalu tebal, tapi lumayan padat.

Seperti judulnya, buku ini memang membicarakan genealogi moral manusia.
Neitzsche membagi manusia menjadi dua, Sang Kuat dan Sang Lemah.

Dalam hidup manusia akan selalu menemukan orang-orang yang memiliki kelebihan: bertalenta, berbakat, atau jenius. Ini disebut sebagai Sang Kuat oleh Nietzsche. Selain itu, ada juga yang memang memiliki kemampuan di bawah rata-rata. Ini disebut Sang Lemah.

Sang Kuat secara alamiah akan memiliki kedudukan dalam masyarakat. Mereka akan memimpin dan karenanya akan menerapkan atau menetapkan standar moral yang sesuai dengan keadaan dan posisi mereka. Ini disebut Moral Tuan. Sebaliknya, Sang Lemah juga akan membangun moralitas sendiri untuk membenarkan kondisi mereka yang selalu di bawah. Ini disebut Moral Budak. Isi Moral Budak di antaranya: manusia berhak mendapat pertolongan dan sumbangan, bahwa setiap orang harus berderma pada yang lebih papa, bahwa setiap orang harus memikirkan orang lain tenimbang diri sendiri.
Ide-ide tentang pahala dan dosa, ganjaran dan hukuman, secara kultural dibentuk oleh Moral Budak sebagai perimbangan atau alat untuk menghibur diri dari keadaan. Sebab Sang Lemah selalu berada dalam dominasi Sang Kuat.
Moral Budak ini sebenarnya tidak berdampak apa pun, kecuali hanya menggerogoti moralitas masyarakat. Moral Budak juga cenderung membungkam kreativitas, inovasi, ambisi, bahkan kebahagiaan.

Dalam sejarah kehidupan manusia, Moralitas Tuan dan Moralitas Budak selalu dalam pergulatan. Pertentangan politik bahkan peperangan seringkali merupakan dampak dari pergulatan moralitas ini.
Agama (Kristen) dipercaya sebagai representasi sebagai Moral Budak.

Kira-kira begitu isinya.

View all my reviews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s