The Warlock (The Secrets of the Immortal Nicholas Flamel, #5)The Warlock by Michael Scott
My rating: 4 of 5 stars

Persepsi, tentu saja sangat mungkin menipu. Karenanya, pemeriksaan menyeluruh terhadap segala yang dicerap oleh indra wajib dilakukan. Meragu, jika digunakan dengan baik mungkin adalah senjata terampuh untuk memahami kejadian.

Manipulasi persepsi adalah hal yang digunakan oleh Dr. John Dee untuk membuat salah satu kembar yang diramalkan mematuhi perintah-perintahnya. Tidak hanya melakukan hal-hal buruk yang diyakini sebagai upaya untuk memperbaiki kehidupan dan kemanusiaan, Josh Newman juga semakin tersesat dalam pemahaman akan kebaikan dan kejahatan.

Demokratis dan terbuka—tak berahasia—mungkin merupakan hal paling penting dalam mengajarkan gagasan, ide, kepercayaan, dan banyak hal lainnya. Hal yang tidak didapati oleh kedua kembar dari pasangan Nicholas dan Perenelle Flamel.

Buku ke lima ini menyajikan intrik yang semakin menarik dengan jalinan kisah yang semakin rumit namun tegas. Penulis membawa tokoh-tokoh penting ke masa lalu. Tak pelak, hal ini membuka kemungkinan cerita yang semakin luas. Michael Scott berhasil membuat pembaca menduga-duga keputusan yang akan diambil dan kisah yang akan dilakoni oleh masing-masing tokoh dalam The Warlock.

Mungkinkah kita mengubah masa depan dengan mencampuri masa lalu? Mungkinkah kita mengubah kisah hidup kita? Apakah kita memiliki kebebasan dalam menentukan hidup? Atau jangan-jangan yang kita lakukan semata adalah meniti takdir yang sudah ditulis oleh dewa-dewi?

View all my reviews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s