novel tanpa namanovel tanpa nama by Thu Huong Duong
My rating: 4 of 5 stars

Novel Tanpa Nama.

Buku yang sangat menarik. Alurnya mengalir tanpa cela. Cerita tidak membosankan dan hidup, hampir-hampir kita tidak bisa menduga apa yang sedang menunggu di halaman berikutnya.

Percintaan, persahabatan, pengkhianatan, iri, cemburu, ideologi, perang, hidup, mati dan lain-lain, sempurna ditangkap lalu dituangkan dalam rangkaian kata cantik. Sangat jujur, tidak berlebihan, tidak bertele-tele, apalagi berbunga-bunga. Lugas dan jujur berkata, lugas dan jujur menghadapi hidup, dan bukankah itu maha keindahan dalam hidup?

Quan, prajurit yang sekian tahun dalam hidupnya selalu bercanda dengan maut setiap hari. Mencinta, bukan sesuatu yang selalu indah. Dalam peperangan yang berlarut, mencinta bisa berarti harus membohongi diri.

Bien, kegilaan kadang satu-satunya pilihan untuk menyiasati hidup. Sedang kematian, bisa saja menjadi jalan keluar dari segala karut marut dunia.

Hoa, hidup dan cinta semua bisa direbut oleh perang, tapi tidak dengan aib. Selamanya akan dibawa dan dicorengkan di muka.

Lalu banyak lagi yang lainnya.

Tak salah Sapardi Djoko D. memilih novel ini untuk dia terjemahkan. Sungguh novel yang layak dinikmati, dipelajari, direnungkan dan wajar jika mendapat banyak penghargaan.

Selamat membaca!

View all my reviews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s