Brisingr (Inheritance, #3)Brisingr by Christopher Paolini
My rating: 2 of 5 stars

Sejatinya adalah buku terakhir dari perjalanan Eragon Beserta naganya, Saphira. Namun entah kenapa, buku yang sangat tebal ini batal dijadikan cerita penutup Trilogi Inheritance.

Menutupi kekurangan di buku-buku sebelumnya, Paolini sedemikian bernafsu memperbaiki karakter setiap tokoh. Sayangnya, strategi yang dia ambil justru memperparah kesalahannya. Sangat naratif, bahkan untuk memberi karakter pada satu tokoh, dia bersusah payah menceritakan segala tetek bengek sejarah, asal-usul, prestasi, dll. Hal yang sia-sia.

Sangat tebal, dan terlalu tebal sebagai sebuah karya yang tidak menceritakan apa pun kecuali pengulangan-pengulangan kisah di buku sebelumnya. Dari delapan ratus lebih halaman dalam buku ini, hanya sedikit hal yang ingin penulis sampaikan. Dan dari sedikit itu, tidak ada hal baru yang saya dapatkan. Sangat percuma.

Dari segi cerita, petualangan Eragon, Saphira, serta Roran dan lainnya berjalan dengan lancar, tak ada hambatan, apalagi dilema. Sangat mulus. Tidak ada cerita atau konflik baru yang dihadapi tokoh utama ataupun tokoh pendukung. Bahkan, saya sempat bertanya-tanya, sebenarnya apa yang ingin Paolini sampaikan pada buku ini. Dan percayalah, jawabnya, kecuali menunjukkan bahwa dia sanggup menulis naskah sedemikian tebalnya, tidak ada lagi yang ingin dia sampaikan.

Masih miskin deskripsi, pun dialog-dialog cerdas. Meski bertaburan orang-orang bijak, namun tak satu pun saya temui mutiara-mutiara pemikiran yang cemerlang–atau setidaknya pengambilan keputusan yang bijak. Sungguh mengecewakan. Untungnya, saya membaca ini ketika penyakit susah tidur meyerang, jadi lumayanlah sebagai obat. Karena membaca sekian lembar, langsung kantuk menyerang.

Sebagai penutup, tak berlebihan kiranya jika saya katakan buku ini sangat DATAR dan MEMBOSANKAN.

View all my reviews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s