Eragon (Inheritance, #1)Eragon by Christopher Paolini
My rating: 1 of 5 stars

Buku pertama ini memang kurang. Sangat!

Penokohan, konflik, alur, deskripsi, dll., masih jauh dari kesan bagus. Saya penasaran, kenapa kok Gramedia mau menerbitkan buku dengan kualitas tulisan seperti ini.

Selidik punya selidik, rupanya ini semacam prakarya. Dipublish ketika penulis masih sangat muda, ketika dia baru mulai belajar menulis. Wajar jika kekuatan tulisannya tidak terasa.

Walaupun begitu, harus diakui dan dihargai bahwa remaja California ini punya–setidaknya bibit–daya imaji yang bagus dan stamina yang lumayan kuat untuk menghasilkan karya setebal itu dan tidak hanya satu jilid.

Gaya naratif yang diterapkan Paolini pada buku ini membuat pegal leher dan mata. Jangan tanya betapa kesalnya tersandera dalam cerita yang sedemikian membosankan. Kalau saja bukan karena pekerjaan, niscaya, bahkan setelah menyelesaikan halaman ke-20, buku ini pasti sudah kukembalikan ke tempat semula.

Secara umum, hampir tidak ada hal menarik pada buku pertama petualangan Eragon serta Saphira, naganya, ini.

Sekali lagi, bukan berarti seutuhnya buku ini buruk. Masih ada hal yang bisa menghibur pembaca. Diakui atau tidak, terlepas dari Paolini menjiplak dari siapa, eksplorasi nama-namanya lumayan menghibur, apalagi percakapannya dalam bahasa elf. Naif, dangkal, dan sepele, tapi lumayanlah.

Saya tidak menganjurkan untuk mengikuti serial Inheritance. Namun, jika ingin melihat sedikit kemajuan penulisnya, akan jelas terlihat perbaikan-perbaikan itu di buku-buku berikutnya. Perkembangan itu tampak dari mulai buku dua, terlebih di buku tiga, dan puncaknya pada buku empat. Sedikit demi sedikit cerita tidak melulu datar, permainan konflik juga berkembang dan lebih baik, serta penokohan menjadi lebih tegas, lebih jelas. Namun, camkan ini, hanya SEDIKIT!

View all my reviews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s